Thursday, March 8, 2007

Be a Simple! Patutkah Menjadi Sebuah Cita-cita?

Kemarin dulu, ada seorang teman wanita yang berbaik hati membelikan saya sebuah hadiah sebagai oleh-oleh dari kepergiannya ke Bandung. Jujur saya tak pernah memintanya apalagi memaksanya untuk membelikan saya sebuah oleh-oleh karena saya takut merepotkannya. Tapi mudah-mudahan ia ikhlas dan tulus atas sebuah hadiah istimewa yang ia berikan kepada saya. Apa hadiahnya? Sebuah kaos semi-oblong berwarna putih (sayang dia tak tahu warna favorit saya). Apa istimewanya? Sebuah tuluisan besar berwarna hijau. Apa Tulisannya?

"BE A SIMPLE!"

Sebuah tulisan yang sangat sederhana tapi sempat menghentak batin-jiwa saya. Cukup menggelitik kedirian saya. Bahkan sempat membuat bulu halus di tangan saya berani berdiri dan membuat tubuh agak sedikit merinding. Berlebihan? saya pikir tidak bagi orang-orang seperti saya. Tidak bagi orang-orang yang masih merasa sombong atas apa yang dimilikinya, yang masih merasa bangga atas setiap yang dilakukannya, yang masih terlalu fanatik sama golongannya. Namun bagaimana dengan diri merasa cuek-bebek, merasa minder, merasa tak punya kehormatan? Be a Simple-kah rasa itu?

Apa sebenarnya yang ingin di-DEMO-kan oleh pembuat kaos semi-oblong itu dengan tulisan yang biasa namun tak biasa. Ada apa dibalik tulisan "BE A SIMPLE!". 'Menjadi sederhana'! Apakah hanya sebatas itu? apakah cuma sesederhana itu?

'Be a Simple' nampaknya patut dijadikan sebuah cita-cita ditengah kefanatikkan atau ke-cuek-an orang akan sesuatu, terhadap perasaan besar seseorang atas orang lain atau perasaan orang yang tak punya kepercayaan akan dirinya, juga terhadap sebuah perasaan sombong akan kekayaan dan jabatannya atau sebuah sikap merasa miskin dengan meminta-minta harta pada orang lain.

Jangan terlalu fanatik atau terlalu cuek. Jangan merasa sombong atau merasa tak punya apa-apa. Jangan merasa bangga atau minder merasa tak mampu. Jadilah bijaksana dalam setiap langkah yang di ambil. Cukup bijaksana, ya... itu nampaknya cukup sederhana.

Tapi memiliki cita-cita 'Be a Simple' apakah semudah tulisannya, sederhana!?

No comments: