Monday, April 9, 2007

Ulang Tahun di Warung Nasi Uduk

Perbincangan di warung nasi uduknya Mpo Lilis. Saat saya, Ivan, Ubay, dan Yomi sedang makan nasi uduk lalu datanglah Om Kur.

Om Kur : Assalamu’alikum….
Kami : Wa’alikum Salam…
Saya : Eh, Om Kur.
Om Kur : Ap kabarnya nih anak-anak muda?
Ivan : Om Kur, kaya sudah tua aja. Wong masih kelihatan muda ko.
Om Kur : Iya, nih. Hari ini jadi semakin tua karena tambah umur.
Ubay : Lho, hari ini Om Kur ualng tahun?
Om Kur : Ya gitu deh.
Ubay : Wah, kalau gitu selamat ulang tahun Om. Mudah-mudahan selalu bahagia dan hidup senang serta dijauhkan dari bala bencana.
Om Kur : Doa sampeyan panjang banget, Bay?! Makasih deh.
Saya : Selamat juga Om. Mudah-mudahan dipanjangkan umurnya.
Ivan : Selamat yah Om, semoga selalu berada dalam lindungan Gusti Alloh.
Yomi : Iya saya juga ucapin selamat yah Om. Semoga-moga tambah kaya. Biar bisa traktir kita-kita di sini. Hehehe…..
Om Kur : Makasih yah anak-anak muda. Ya udah sekarang makan aja nasi uduknya Mpo’ Lilis gratis. Saya traktir lah.
Ubay : Wah jadi ga enak nih, Om. Harusnya ga usah didengerin omongannya Yomi. Tapi kalau emang Om Kur maunya traktir kita-kita ya ga apa-apa lah.
Saya & Yomi : Yeh…………. (sambil menempeleng kepalanya Ubay).
Om Kur : Ya udah. Tapi saya harus segera kembali ke rumah. Lagi ada mertua.
Saya : Oke Om, Makasih banyak yah….
Om Kur : Yah, sama-sama. Makasih juga doanya.

(Selagi kami makan, tiba-tiba Ubay nyeletuk bertanya kepada Ivan)

Ubay : Van, kenapa ente tadi doanya untuk Om Kur simpel banget?
Ivan : Masa simpel?
Ubay : Iya. Semoga selalu berada dalam lindungan Gusti Alloh.
Ivan : Menurut saya itu ga simpel ko.
Ubay : Memangnya apa maksud doanya itu?
Ivan : Saya cuma ngucapin suatu yang wajar dan, menurut saya, semestinya.
Ubay : Wajar? Jadi menurutmu doa-doa kita tadi tidak wajar?

Ivan : Menurut saya, hidup tidak akan selalu mudah dan hidup tidak akan selalu bahagia. Karena bukannya hidup namanya kalau tidak ada kesedihan, tidak ada kesulitan. Gambaran kehidupan yang benar ada dalam surah Al-Insyirah, bahwsanya ada sulit dan juga ada mudah, ada senang dan juga ada sedih. Saya pikir mendoakan supaya selalu hidup bahagia, selalu dimudahkan, dijauhkan dari bala bencana adalah suatu gambaran kehidupan imajiner. Dalam arti, menyalahi definisi kehidupan yang diberikan oleh Tuhan. Karena tidak mungkin hidup itu akan bahagia terus, tidak mungkin hidup itu akan mudah selalu. Oleh karena itu saya cuma mendoakan Om Kur, semoga selalu berada dalam lindungan Gusti Alloh. Jadi sedih-senang, mudah-sulit-nya yang beliau rasakan tetap berada dalam lindungan Gusti Alloh. Tidak lupa sama Gusti Alloh.

Yomi : Menurut lu, bagaimana kita menyikapi ulang tahun, Van?
Ivan : Senang..
Yomi : Iyah, gue setujuh banget tuh. Emang kita harus senang.
Ubay : Lho, bukannya seharusnya kita sedih bahwa umur kita malah berkurang satu tahun? Berarti ajal kita semakin dekat.
Saya : Betul. Sejatinya kan bukan umur kita bertambah, namun berkurang.
Ivan : Memang sejatinya umur kita berkurang, tapi bukan berarti kita harus bersedih. Namun seharusnya kita menyikapi dengan penuh kegembiraan bahwasanya sebentar lagi kita akan bertemu dengan Gusti Alloh.

No comments: