Wednesday, May 23, 2007

APAKAH TUHAN BUTUH IBADAH HAMBANYA?

Yomi : Lagi ngapain, id?
Saya : Eh, sampeyan, Yom. Ngga ko.
Yomi : Hayo… ngelamunin apa?
Saya : Bener. Ngga ada apa-apa ko.
Yomi : Terus lagi ngapain dong. Ko, kerjanya ngeliatin bintang aja.
Saya : Memangnya ngga boleh kalo ngitung bintang?
Yomi : Gua tau elu, Id. Kalo lagi di atas mushallah sendirian, pasti lagi ada yang dipikirin.
Saya : Sampeyan ternyata emang temen saya, Yom.
Yomi : Tuh kan. Apa gua bilang? Terus apa yang lagi elu pikirin, Id?
Saya : Kamu mau bantu saya memecahkan masalah yang saya pikirkan?
Yomi : Memangnya apa, Id?
Saya : SAMPEYAN DAN SAYA, SEJATINYA IBADAH UNTUK APA DAN SIAPA??
Yomi : Ya…, Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Elu gitu aja pake ditanyain. Udah ga usah disusah-susahin kalo emang sebenernya cuma perkara yang gampil ( dibaca : mudah )
Saya : Kamu percaya kalau Gusti Alloh itu maha perkasa dan maha kaya?
Yomi : Ya, iyalah….
Saya : Sekarang begini, kalau sampeyan kuat perkasa dan kaya raya dengan harta berlimpah-ruah, lalu ada pengemis yang memberikan sedikit uang recehannya untuk sampeyan. Bagaimana sampeyan memandang pemberian seorang pengemis yang miskin papa itu?
Yomi : Ya gua ga terimalah. Lagian kan pengemis itu lebih membutuhkan uang itu, untuk makan misalnya atau untuk yang lainnya, dibanding gua yang udah kaya raya, seperti yang elu perumpamaan tadi.
Saya : Jadi, kesimpulannya bahwa sampeyan ngga butuh uang receh itu, karena sampeyan udah kaya raya.
Yomi : Ya iyalah. Kan gua udah kaya raya dengan harta berlimpah-ruah. Jelas aja gua ga butuh lagi uang receh dari pengemis itu.
Saya : Nah, sekarang saya tanya lagi, SAMPEYAN DAN SAYA, SEJATINYA IBADAH UNTUK APA DAN SIAPA? APAKAH GUSTI ALLOH BUTUH IBADAH KITA?

No comments: